Guru Keren
Guru Keren

Guru Keren

Pada dasarnya tugas guru yang paling utama adalah mengajar dan mendidik. Menjadikan siswa berpengetahuan dan memiliki kepribadian yang baik. Akan tetapi, dalam beberapa studi membuktikan kaitan antara rasa kagum siswa terhadap gurunya menjadi salah satu kunci keberhasilan siswa dalam memahami pelajaran.

buat website sekolah gratis

 

Siswa juga akan kesulitan dalam belajar ataupun menerima materi tanpa keberadaan guru, hanya mengandalkan sumber belajar dan media pembelajaran saja akan sulit dalam penguasaan materi tanpa bimbingan guru. Guru juga memiliki banyak kewajiban dalam pembelajaran dari mulai merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, hingga melakukan evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan.

Lalu bagaimana agar murid bisa kagum pada Guru???

-Ikhlas

Niatkan mengajar untuk membantu agar mencerdaskan anak bangsa, bukan hanya sekedar pekerjaan saja.

-Ramah

Biasakan menyapa Anak didik ketika bertemu, atau berpapasan dengan panggilan nak, atau yang lainnya. Kalau Anda guru TK/PAUD bisa menggunakan panggilan sayang atau cantik.

- Lemah Lembut

Saat berjabat tangan usaplah kepala mereka dengan lembut, ingat jika anda mengajar di tingkat SMP dan SMA hindari ini pada murid yang berlainan jenis kelamin dengan Anda.

- Bijaksana

Bijaksana dalam menghadapi anak didik , tidak semua pelanggaran yang di lakukan anak didik murni karena kesengajaan, Anda harus pintar-pintar menilai masalah yang dihadapi oleh anak didik Anda, terkadang dengan memaafkan adalah cara untuk merubah perilaku anak didik yang salah.

- Humoris

Candaan dan humor membuat belajar lebih menyenangkan. Tetapi bukan berarti humor yang menyinggung kekurangan murid, melainkan humor pada tempat dan saat yang tepat. Usahakan humor masih berhubungan dengan materi pelajaran yang kita sampaikan.

- Responsif

Guru yang resposif berarti berusaha untuk memahami dan mempelajari karakteristik si murid. Guru yang responsif akan tahu betul seperti apa murid-murid yang diajarnya. Langkah ini dilakukan agar guru tahu model belajar seperti apa yang dibutuhkan siswa, sehingga tujuan belajar tercapai.

- Suri Tauladan

Siswa akan sangat menghormati kita apabila nasehat yang kita berikan sejalan dengan perilaku kita.

 

Bisa dilihat bahwa guru memiliki banyak peran yang harus dikerjakan bersamaan. Dari peran-peran yang dimiliki guru tersebut tentunya guru mengemban tugas yang cukup kompleks, bukan hanya sekedar mengajar saja, sangat pantas profesi guru diberikan apresisasi yang tinggi karena jasanya yang aktif dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang tertuang pada pembukaan UUD 1945.

Ayo guru-guru Indonesia, terus belajar dan berkembang demi menciptakan generasi Bangsa yang handal. Kembangkan terus materi-materi belajar yang menarik, dan jangan lupa upload di website sekolah anda agar siswa bisa belajar kapanpun dan dimanapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *