Perlukah Kurikulum Diubah
Perlukah Kurikulum Diubah

Perlukah Kurikulum Diubah

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat dirasakan. Terutama internet, yang sudah bisa dinikmati disegala bidang, mulai dari bisnis, ekonomi,kehidupan sosial hingga pendidikan. Kecanggihan sains dan teknologi saat ini dikenal dengan era Revolusi Industri 4.0.

buat website sekolah gratis

 

Hadirnya revolusi industri 4.0 membuat dunia kini mengalami perubahan yang semakin cepat dan kompetitif. Untuk bisa menerima perubahan ini tentunya dibutuhkan persiapan, sehinngga kita sebagai bangsa Indonesia terlecut dan optimis untuk melakukan perubahan ke arah perbaikan bagi kesejahteraan bangsa ini.

Lalu bagaimana sekolah menghadapi Revolusi Industri 4.0 ini???

Sudahkan kurikulum sekarang mampu mencetak generasi bangsa yang siap dengan zaman ini???

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghadapi tantangan baru dengan terjadinya perkembangan dunia digital di era revolusi industri 4.0. Yang mana perkembangan itu berdampak pada hilangnya beberapa jenis pekerjaan lapangan karena digantikan sistem komputerisasi atau digital. Untuk itu, Kemendikbud bakal merancang ulang kurikulum sebagai acuan pembelajaran di sekolah.

Menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, generasi muda dalam rangka menghadapi revolusi industri keempat harus memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerja sama, dan percaya diri. Sehingga Kemendikbud akan me-redesign kurikulum yang memiliki lima kompetensi.

Upaya sekolah untuk mencetak generasi yang siap menghadapi Revolusi Industri 4.0 adalah dengan memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.

Salah satunya adalah memaksimalkan E-Learning melalui website sekolah. Manfaat E-Learning bisa membantu proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Maksimalkan E-learning dengan selalu menguploadnya di website sekolah anda, sehingga siswa dengan mudah mendapatkan materi-materi yang diajarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *