Dapodik 2024: Revolusi Pendidikan atau Ilusi Semata? Memecah Tabu Bugs dan Kesalahan!
Dapodik 2024: Revolusi Pendidikan atau Ilusi Semata? Memecah Tabu Bugs dan Kesalahan!

Dapodik 2024: Revolusi Pendidikan atau Ilusi Semata? Memecah Tabu Bugs dan Kesalahan!

Pada tanggal 12 Juli 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) mempersembahkan inovasi terkini, menjanjikan pendataan pendidikan yang lebih modern, mudah, dan intuitif. Namun, benarkah pembaharuan ini akan menjadi sebuah revolusi pengelolaan pendidikan? Atau hanya harapan yang membangun ekspektasi semata? 

Nyatanya Kemendikbud kini semakin berbenah. Bukan hanya sekadar pembaruan biasa, Kemendikbud telah menghadirkan serangkaian upgrade dan perbaikan yang memperbaiki kekurangan-kekurangan versi sebelumnya. Bugs dan kesalahan yang ditemukan pada versi sebelumnya telah diperbaiki, sehingga pengalaman pengguna menjadi lebih lancar dan terjamin. Selain itu, fitur baru juga diluncurkan untuk melengkapi kebutuhan yang ditemui pada versi sebelumnya. Sekarang, Dapodik Kemendikbud hadir dengan segudang fitur yang lebih baru dan berdaya guna.

Tetap mempertahankan ciri khasnya, tampilan Aplikasi Dapodik tetap dengan desain yang simpel dan intuitif. Meskipun tidak ada perubahan yang signifikan pada tampilan aplikasi, namun pengembangan utama difokuskan pada penambahan fitur tambahan dan perbaikan bugs yang ada. Kemendikbud mengerti bahwa kenyamanan dan kemudahan penggunaan adalah kunci dalam menghadirkan aplikasi yang tepat guna.

Salah satu penambahan fitur yang sangat menonjol adalah adanya menu baru di sebelah kiri, fitur notifikasi dari pusat telah ditambahkan. Fitur notifikasi ini memungkinkan pengguna untuk menerima pemberitahuan terkini dari pusat, baik itu notifikasi global yang berlaku untuk semua satuan pendidikan, maupun notifikasi khusus untuk satuan pendidikan tertentu. Sebagai operator sekolah yang ingin tetap up-to-date, Anda hanya perlu menekan tombol Mutakhir yang berfungsi sebagai tombol refresh untuk mendapatkan notifikasi terbaru.

Tidak hanya itu, Dapodik 2024 juga menghadirkan penambahan validasi pada beberapa aspek penting. Validasi maksimal jumlah jam yang diterima oleh peserta didik, baik pada tingkat 11 dan 12 untuk pelaksana Kurikulum Merdeka, maupun validasi ruang yang telah dihapus buku namun masih digunakan pada rombongan belajar, menjadi fokus utama pembaruan ini. Jenjang SMK juga menerima perhatian khusus dengan penambahan validasi mata pelajaran Praktik Kerja Lapangan dan validasi terkait penginputan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Semua penambahan validasi ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan saat penginputan data dan meningkatkan keakuratan serta kelengkapan data pendidikan.

Tidak hanya fitur dan validasi yang diperbarui, Dapodik 2024 juga memberikan fleksibilitas dalam memilih referensi kecepatan internet. Aplikasi ini menawarkan beberapa opsi kecepatan internet, mulai dari 1 Mb hingga 1 Gb. Sekolah dapat dengan mudah memilih opsi yang sesuai dengan kecepatan internet di lingkungan sekolah masing-masing. Jika tidak ada opsi yang tepat, operator sekolah dapat memilih kecepatan terdekat yang lebih rendah agar tetap memenuhi kebutuhan pengisian data dengan akurat. Kemudahan ini memastikan bahwa Dapodik dapat diakses dengan lancar di berbagai kondisi jaringan.

Dapatkan semua keunggulan di atas dengan segera beralih ke versi Dapodik 2024 dan mulailah mengisi data. Namun, perlu diingat bahwa batas akhir penginputan data adalah tanggal 31 Agustus 2023. semoga dengan adanya pembaruan ini tidak ada lagi bug-bug mengganggu yang menjadi sebuah batu penghalang pemerataan kualitas pendidikan di indonesia. Mari kita dukung terus perkembangan penghimpunan data pendidikan di Indonesia demi meratakan fasilitas dan meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh negeri.

Ayo, bergabunglah dalam revolusi pendidikan Indonesia bersama Dapodik 2024!

Sumber: https://cdn-dapodik.kemdikbud.go.id/panduan/Panduan_Lengkap_Aplikasi_Dapodik_versi_2024.pdf  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *